Rabu, 10 Juli 2019

Ulasan Cerita Pendek "Gembritt Foury"

  • Judul Cerpen                           : Gembritt Foury
  • Penulis                                    : M. Shoim Anwar
  • Tempat, Tanggal Penulisan     : Surabaya, 2003
  • Jumlah Halaman                      : 13 Halaman
  • Penerbit                                   : DELIMA

Berikut ini ulasan cerita pendek berjudul Gembritt Foury Karya M. Shoim Anwar:


Orientasi
       Gembritt Foury merupakan salah satu cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek berjudul Tikus Parlemen karya M. Shoim Anwar. Cerita pendek ini menceritakan tentang bagaimana sistem politik yang terjadi di negara Havana.

Tafsiran
       Cerita pendek ini menceritakan tentang menceritakan tentang penderitaan orang berkulit hitam yang menjadi teror oleh sekelompok orang. Salah satu korbannya adalah ibu Gembritt yang ditemukan di belakang rumah dalam keadaan luka parah dan hampir tewas. Karena korban kulit hitam terus berjatuhan secara misterius, akhirnya orang tua Gembritt memutuskan untuk pindah ke Havana.
       Di Havana pun ternyata tidak jauh berbeda. Banyak kekacauan yang terjadi. Penyerangan yang dilakukan oleh orang mabuk serta situasi politik yang menghangat dikarenakan ketidakpuasan  rakyat terhadap sistem politik dan kepemimpinan Fulgencio Batista maupun Gerardo Machado. Sehinnga banyak kegaduhan yang terjadi seperti aksi tembak-menembak oleh sekumpulan kelompok, teror bom, serta kematian Gembritt.


Evaluasi
      Bahasa yang digunakan dalam novel ini mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan pembaca pemula. Namun jalan cerita pendek ini cukup membingungkan bagi pembaca pemula. Selain itu, akhir cerita pendek ini masih menggantung sehingga membuat pembaca tidak puas dengan akhir dari cerita pendek ini

Rangkuman
       Setelah membaca kembali ulasan di atas dapat saya simpulkan bahwa cerita pendek berjudul Gembritt Foury ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh semua kalangan. Selain itu dalam cerita pendek ini juga banyak pesan moral yang bisa dipetik. Pesan moral tersebut berupa kita tidak boleh bersifat rasis dengan membeda-bedakan warna kulit seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar