Rabu, 10 Juli 2019

Ulasan Cerita Pendek "Daerah Garong"

  • Judul Cerpen                           : Daerah Garong
  • Penulis                                    : M. Shoim Anwar
  • Tempat, Tanggal Penulisan     : Surabaya, 1997
  • Jumlah Halaman                      : 8 Halaman
  • Penerbit                                   : DELIMA

Berikut ini ulasan cerita pendek berjudul Daerah Garong Karya M. Shoim Anwar:


Orientasi
       Daerah Garong merupakan salah satu cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek karya M. Shoim Anwar yang berjudul Tikus Parlemen. Cerita pendek ini bercerita tentang kesialan seorang perantau yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Tafsiran
       Cerita pendek ini bercerita tentang seorang perantau yang akan pulang ke kampung halamannya namun di tengah perjalanan menuju stasiun tua yang sepi ia ditodong oleh seseorang. Penodong tersebut berhasil mengambil sebagian uang dan arloji perantau tersebut. Sesampainya di stasiun ia memilih untuk rebahan tetapi tidak bisa hingga seorang datang yang ternyata satu tujuan dan masih satu kecamatan dengan kampung halamannya. Merasa satu daerah perantau pun mulai mengobrol akrab dengan lelaki tersebut hingga menceritakan penodongan yang terjadi padanya dan uang yang masih tersimpan di kantung dalam celananya. Sesaat kemudian lelaki tersebut pamit juntuk kencing ke belakang stasiun. Setelah beberapa saat lelaki itu kembali namun dengan mengalungkan celurit ke leher perantau dan merampas semua uangnya. Perantau tersebut hanya tercenung sepanjang malam membayangkan kekecewaan istri dan anaknya. Dengan lunglai perantau tersebut berjalan ke arah barat dan menemukan sebuah langgar kecil. Di depan langgar kecil itu duduk lelaki tua. Dia meminta izin untuk sembahyang di langgar tersebut dan diiyakan. Ketika mengambil wudhu perantau tersebut melepas semua pakaiannya namun ketika selesai ia tidak menemukan kembali pakaiannya. Dia berpikir bahwa malam itu adalah malam laknat baginya.

Evaluasi
       Pada cerita pendek ini M. Shoim menceritakan tentang cerita yang jarang atau bahkan sering terjadi dilingkungan kita. Bahasa yang digunakan dalam novel ini mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan pembaca pemula. Selain itu, akhir cerita pendek ini masih menggantung karna belum menceritakan bagaimana nasib perantau tersebut.

Rangkuman
       Setelah membaca kembali ulasan di atas dapat saya simpulkan bahwa cerita pendek berjudul Daerah Garong ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh semua kalangan. Selain itu dalam cerita pendek ini juga banyak pesan moral yang bisa dipetik dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari yaitu jangan mudah percaya dengan orang baru dan selalu meningkatkan kewaspadaan kita dimanapn kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar