Rabu, 10 Juli 2019

Ulasan Cerita Pendek "Perempuan Berpijar Ungu"

  • Judul Cerpen                           : Perempuan Berpijar Ungu
  • Penulis                                    : M. Shoim Anwar
  • Tempat, Tanggal Penulisan     : Bumi Tandes, 28 Juni 1997
  • Jumlah Halaman                      : 7 Halaman
  • Penerbit                                   : DELIMA

Berikut ini ulasan cerita pendek berjudul Perempuan Berpijar Ungu Karya M. Shoim Anwar:


Orientasi
       Perempuan Berpijar Ungu merupakan salah satu cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek karya M. Shoim Anwar yang berjudul Tikus Parlemen. Cerita pendek ini bercerita tentang anak dari hasil rekayasa genetika.

Tafsiran
       Cerita pendek ini bercerita tentang seorang anak bernama Lolu yang tidak seperti manusia lainnya. Kulitnya bercahaya, matanya membara, dan tulang-tulangnya sangat kokoh. Loly merupakan hasil rekayasa genetika yang dilakukan oleh Profesor Bros yang ingin mempunyai anak yang hebat. Profesor Bros menyuntikkan berbagai DNA hewan ke dalam sel telur sebelum dimasukkan ke rahim seorang perempuan. Namun ketika melahirkan perempuan tersebut tidak pernah bertemu dengan anaknya. Hingga suatu hari ada anak bernama Loly yang tidak seperti manusia lainnya menemuinya dan membawa kartu nama dirinya. Perempuan tersebut menanyai Loly, apa Loly mengetahui orang tuanya siapa. Ternyata Loly tidak mengetahui orang tuanya. Perempuan tersebut akhirnya menyerahkan surat dari Profesor Bros kepada Loly agar Loly mengetahui semua yang terjadi pada dirinya. Setelah Loly membaca surat dari Profesor Bross, perempuan itu menyuruh Loly kembali kepada Profesor Bross dan membawakan Loly sebuah Pisau.

Evaluasi
       Pada cerita pendek ini M. Shoim menceritakan tentang cerita yang cukup unik mengenai rekayasa genetika. Bahasa yang digunakan dalam novel ini mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan bagi pembaca pemula. Selain itu, akhir cerita pendek ini masih menggantung karna belum menceritakan bagaimana nasib Loly dan Profesor Bross setelah Loly bertemu perempuan tersebut (Ibu Loly).

Rangkuman
       Setelah membaca kembali ulasan di atas dapat saya simpulkan bahwa cerita pendek berjudul Perempuan Berpijar Ungu ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh semua kalangan. Selain itu dalam cerita pendek ini juga banyak pesan moral yang bisa dipetik dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar