Jumat, 03 Mei 2019

Ulasan Cerita Pendek "Bambi dan Perempuan Berselendang Baby Blue"

  • Judul Cerpen                           : Bambi dan Perempuan Berselendang Baby Blue
  • Penulis                                    : M. Shoim Anwar
  • Tempat, Tanggal Penulisan     : Tandes, September 1998
  • Jumlah Halaman                      : 10 Halaman
  • Penerbit                                   : DELIMA

Berikut ini ulasan cerita pendek berjudul Bambi dan Perempuan Berselendang Baby Blue Karya M. Shoim Anwar:


Orientasi
       Bambi dan Perempuan Berselendang Baby Blue merupakan salah satu cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek karya M. Shoim Anwar yang berjudul Tikus Parlemen. Cerita pendek ini bercerita tentang seorang hakim yang sering melakukan korupsi demi kepuasan pribadi.

Tafsiran
       Cerita pendek ini menceritakan tentang seorang bernama Anik yang telah tertipu janji seorang hakim. Dia dipanas-panasi oleh hakim yang bernama Bambi agar memperkarakan masalahnya ke pengadilan dan akan dijamin kemenangannya oleh Bambi dengan memberikan sejumlah uang. Perkara yang diajukan Anik bukannya menang malah mengalami kekalahan. Ternyata Anik telah ditipu oleh Bambi demi mendapatkan kepuasan pribadi.

Evaluasi
       Pada cerita pendek ini M. Shoim menceritakan tentang kritik sosial yang sering terjadi dikalangan masyarakat. Dalam cerita ini beliau menceritakan tentang korupsi yang terjadi di lingkungan pengadilan. Alur cerita pendek ini rapi dan tidak ada keganjilan dalam cerita. Cerita pendek ini juga cukup baik dalam menyampaikan kejadian di dalam cerita, bahasanya pun mudah dipahami.

Rangkuman
       Setelah membaca kembali ulasan di atas dapat saya simpulkan bahwa cerita pendek berjudul Bambi dan Perempuan Berselendang Baby Blue ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh semua kalangan, karena dalam cerita pendek ini terdapat banyak pesan moral yang bisa dipetik dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Selain pesan moral, di dalam cerita pendek ini juga terdapat kritik sosial terhadap kaum berkuasa dalam hal penyuapan demi mencapai kepuasan pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar