Jumat, 03 Mei 2019

Ulasan Cerita Pendek "Sisik Naga di Jari Manis Gus Usup"

  • Judul Cerpen                           : Sisik Naga di Jari Manis Gus Usup
  • Penulis                                    : M. Shoim Anwar
  • Tempat, Tanggal Penulisan     : Tandes, September 1998
  • Jumlah Halaman                      : 15 Halaman
  • Penerbit                                   : DELIMA

Berikut ini ulasan cerita pendek berjudul Sisik Naga di Jari Manis Gus Usup Karya M. Shoim Anwar:


Orientasi
       Sisik Naga di Jari Manis Gus Usup merupakan salah satu cerita pendek dari buku kumpulan cerita pendek karya M. Shoim Anwar yang berjudul Tikus Parlemen. Cerita pendek ini bercerita tentang Gus Usup yang berasal dari keluarga pondok dengan cincin akik bermotif sisik naga yang dimikinya.

Tafsiran
       Cerita pendek ini menceritakan tentang Gus Usup yang berasal dari keluarga pondok. Gus Usup merupakan pribadi yang ramah di antara saudaranya yang lain. Memiliki wajah yang tampan namun belum menikah. Gus Usup mempunyai cincin akik bermotif sisik naga. Cincin akik ini selalu menjadi perhatian warga karena bagi warga cincin akik ini bukan cincin biasa melainkan cincin keberuntungan karena setiap Gus Usup ikut bermain kartu dengan warga, selalu Gus Usup yang menjadi pemenangnya. Suatu hari, ketika bermain kartu bersama warga perut Gus Usup terasa tidak enak. Gus Usup menitipkan jaketnya agar kepada Guk Mat yang merupakan teman sepermainannya semenjak Gus Usup kecil. Tidak lama kemudian Gus Usup pamit karena perutnya benar-benar terasa tidak enak dan melupakan jaket yang dititipkannya kepada Guk Mat. Permainan kartu pun tetap dilanjutkan oleh Guk Mat dan warga lainnya. Permainan semakin lama semakin panas, uang yang digunakan pun bukan recehan lagi melainkan uang lembaran. Permainanpun selesai dan dimenangkan oleh Guk Mat. Guk Mat pulang dengan membawa uang kemenangan yang disimpan di jaket Gus Usup. Selain uang ternyata di jaket tersebut juga terdapat cincin akik Gus Usup, Guk Mat bingung ingin mengembalikannya atau tidak karena kemengannya tadi.

Evaluasi
       Pada cerita pendek ini M. Shoim menceritakan tentang cerita yang sering terjadi dilingkungan kita. Beliau juga menyisipkan sedikit kritik sosial terhadap dukungan partai politik yang menyebabkan perpecahan. Bahasa yang digunakan dalam novel ini mudah dipahami sehingga tidak menyulitkan pembaca pemula. Selain itu, akhir cerita pendek ini masih menggantung karna belum menceritakan bagaimana nasib cincin akik Gus Usup ini, apakah dikembalikan kepada Gus Usup atau tetap ditangan Guk Mat.

Rangkuman
       Setelah membaca kembali ulasan di atas dapat saya simpulkan bahwa cerita pendek berjudul Sisik Naga di Jari Manis Gus Usup ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh semua kalangan kecuali anak dibawah umur, karena dalam cerita pendek ini terdapat cerita yang mengajarkan hal buruk pada anak dibawah umur yaitu bermain kartu dengan menggunakan uang. Selain itu dalam cerita pendek ini juga banyak pesan moral yang bisa dipetik dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari yaitu jangan percaya dengan hal-hal yang berbau mistis dan jangan memakai barang yang bukan milik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar